Rabu, 10 Februari 2016

Resep Masakan Cara Membuat Serabi Spesial Enak

Cara Membuat Serabi Spesial Enak, Seringkali kita mendengar Serabi, tahukan anda serabi? Serabi adalah salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang enak dan gurih. Makanan ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang khas enak, gurih dan manis. Serabi sangat cocok dijadikan buah tangan saat anda pulang dari berpergian untuk keluarga. Serabi terbuat dari perpaduan tepung beras dengan santan kelapa. Makanan ini memang mirip dengan Pancake, namun bedanya serabi terbuat dari tepung beras dan Pancake terbuat dari tepung terigu. Kuah manis yang terdapat pada serabi memang banyak variasinya.  

Cara Membuat Serabi Spesial Enak

Serabi merupakan makanan daerah yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan banyak kita jumpai diberbagai daerah. Makanan serabi khas Solo cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Untuk serabi khas Solo ini memiliki perbedaan dengan serabi dari daerah lainnya. Serabi khas Solo memiliki kuah manis dengan serabi yang memiliki tekstur krispy dibagian pinggirnya membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Yang biasa kita jumpai dipasar tradisional mereka biasa menggunakan toping seperti coklat, keju, pisang dan aneka meses yang membuat serabi khas Solo menjadi enak dan gurih. 

Jika anda ingin mencicipi enaknya serabi special ini anda tidak harus pergi jauh-jauh ke Solo, anda bisa membuat sendiri dirumah. Untuk bahan membuat serabi ini sangat mudah didapat. Anda bisa mendapatkan bahan membuat serabi dari tukang sayur keliling atau toko kelontong etrdekat. Langsung saja anda simak tentang cara membuat serabi special dibawah ini. 

Simak juga ya :

- Cara Membuat Bakwan sayur Spesial Enak dan gurih Resep Masakan Indonesia

Bahan-bahan untuk membuat SerabiSpesial Enak :
  • 100 gr tepung beras
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 350 ml santan kelapa kental
  • 25 gr gula pasir
  • ½ sendok teh Vanili bubuk
  • ½ sendok makan yeast atao fermipan
  • ¼ sendok teh baking soda
  • Daun pandan secukupnya
  • ¼ sendok makan garam
  • Daun pisang secukupnya

  1. Pertama kali panaskan santan dan daun pandan jangan lupa diaduk-aduk sampai mendidih kemudian angkat dan diamkan tunggu sampai hangat.
  2. Ambil kurang lebih 50 ml santan bagian atasnya sebagai areh
  3. Kemudian campur semua bahan kering dan diaduk sampai merata
  4. Kemudian tuangkan 300 ml santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sampai rata
  5. Kemudian keplok-keplok adonan hingga adonan licin, kemudian diamkan selama 1 jam agar adonan mengembang / berbusa
  6. Panaskan cetakan serabi dengan menggunakan api kecil
  7. Aduk-aduk adonan kemudian tuangkan 1 sendok sayur kedalam cetakan serabi
  8. Selanjutnya ratakan pinggiran dengan penggunakan punggung sendok sayur dan tunggu hingga permukaan serabi berlubang kemudian berikan sedikit areh dan taburan diatasnya.
  9. Tutup cetakan kemudian diamkan sebentar, bila sudah matang angkat
  10. Siapkan daun pisang kecil-kecil, angkat serabi lalu letakan diatas daun pisang yang telah disiapkan agar tercipta aroma yang khas dari daun pisang.

Demikianlah artikel dari saya tentang cara membuat serabi special enak, cukup mudah bukan, jangan lupa baca artikel saya lainnya. Semoga artikel tentang cara membuat serabi special diatas bermanfaat bagi anda yang membaca serta bisa dijadikan sumber inspirasi anda, sekian dari saya dan salam sukses.

Kata kunci pencarian : kue basah, kue serabi, kue serabi spesial, kue basah, kue asli indonesia, masakan nusantara, masakan indonesia, serabi makanan tradisional, makan spesial keluarga, kue idola, serabi kue enak dan mantab.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon