Rabu, 31 Mei 2017

Resep Sambal Terasi Super Enak dan Gurih

Resep Sambal Terasi Super Enak dan Gurih, Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini yaitu sambal? sambal terasi merupakan salah satu makanan tradisional Nusantara yang disukai kebanyakan orang walaupun ada beberapa orang yang tidak suka karena baunya, hampir semua orang suka dengan makanan pedas yang terbuat dari cabe rawit yang diolah menjadp berbagai macam jenis sambal. Sambal terasi ini sudah lama mencuri hati masyarakat terutama masyarakat suku jawa dan khususnya didaerah pulau jawa seperti tempat tinggal saya saat ini. 

Resep Sambal Terasi Super Enak dan Gurih

Baca juga ya

Terasi atau terkadang ada yang menyebutnya dengan sebutan belacan yang terbuat dari bahan ikan dan udang rebon dan diproses dengan cara didifermentasikan. Proses pembuatan terasi yaitu dengan cara ikan dan udang rebon dijemur hingga setengah kering kemudian ditumbuk dan digiling dan dibungkus dengan menggunakan daun , dibiarkan selama satu hari, dibentuk dan disimpan dalam kurun waktu 1 sampai dengan 4 minggu, aromanya yang khas menjadiakn terasi  sebagai pelengkap bumbu dapur. 

Biasanya sambal terasi disantap dengan disertai sayuran / lalapan dan lauk pauk seperti tempe goreng, ayam goreng, ikan, bandeng, nila bakar dan lainnya, yang pasti sambal terasi sangat cocok untuk menemai berbagai macam hidangan makanan, dijamin selera makan kalian akan bertambah hehe, kali ini saya akan berbagi Resep Sambal Terasi Super Enak dan Gurih kepada kalian semua, lasngsung saja kalian simak cara membuat sambal terasi super enak seperti dibawah ini.

Resep Sambal Terasi Super Enak dan Gurih 
Bahan bahan yang harus disiapkan sebagai berikut : 
  • Cabe merah besar sebanyak 9 buah 
  • Cabe rawit sebanyak 15 buah 
  • Bawang merah sebanyak 5 buah (bersihkan)
  • Bawang putih sebanyak 2 siung (bersihkan)
  • Terasi matang 2 sendok teh
  • Gula merah 1 sendok makan
  • Garam dapur 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Sambal Terasi Super Enak 
  1. Cuci hingga bersih semua bahan bahan seperti, bawang merah, bawang putih cabe untuk menghilangkan pestisida dan kotoran yang menempel
  2. Panaskan minyak kemudian goreng bahan bahan seperti cabe, bawang dan terasi
  3. goreng hingga layu bila sekira sudah matang angkat dan tiriskan.
  4. Kemudian siapkan ulekan, masukan semua bahan yang telah ditiriskan tadi dan haluskan dengan ulekan sampai halus tambahkan gula merah dan garam,
  5. Ulek hingga halus dan merata, jika kalian membuat banyak sekali sambal terasi kalian bisa menggunakan blender untuk menghaluskan sambal terasi.
  6. Cobalah untuk mencicipi sambal yang kalian buat apakah rasanya sudah sesuai harapan
  7. Bila dirasa sudah enak maka sambal terasi pun sudah siap untuk disajikan dan dinikmati

Demikianlah artikel dari saya tentang cara membuat sambal terasi yang enak dan gurih, semoga artikel dari saya ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan informasi tentang cara membuat sambal terasi yang super anak dan gurih, jangan lupa berkunjung diartikel lainnya ya. 

Kata kunci pencarian : Sambal terasi, sambal super pedas, sambal terasi pedas, sambal terasi mantab, sambel terasi, sambel terasi spesial, sambal terasi berkualitas.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon