Header Ads

Cara Mudah Ternak Burung Jalak Suren Dengan Baik dan Benar

Cara Mudah Ternak Burung Jalak Suren Dengan Baik dan Benar, Burung jalak suren merupakan salah satu burung yang banyak diminati banyak orang, burung jalak suren merupakan burung eksotis dengan warna hitam putih dengan kicau yang merdu dan khas. Jumlah burung jalak suren di alam bebas sudah sangat memprihatinkan namun hewan ini belum masuk kategori hewan yang dilindungi. Kemungkinan berkurangnya populasi burung jalak suren dikarenakan perburuan liar dan polusi yang semakin meningkat. 

Cara Mudah Ternak Burung Jalak Suren Dengan Baik dan Benar

Karena Jumlahnya yang semakin sedikit, sedangkan peminatnya lumayan banyak dan tingginya harga burung jalak maka banyak peternak burung yang ingin membudidayakan burung jalak suren ini. Untuk membudidayakan burung jalak suren tidak berbeda dengan cara membudidayakan semua jenis burung jalak, kacer, jalak bali, hingga jalak albino. Dalam berbudidaya burung jalak memang dibutuhkan kesungguhan, ketelitian dan kesabaran yang tinggi dan cara teknis budidaya yang baik dan benar. 

Baca juga ya, 

Harga burung jalak yang tinggi dan terbatasnya jumlah burung jalak, berarti peluang usaha budidaya burung jalak masih terbuka luas, ternak burung burung jalak bisa dijadikan usaha sampingan yang menjanjikan penghasilan tambahan. Buat kalian yang berminat untuk ternak burung jalak tapi tidak tahu cara pembudidayaannya, Nah kali ini saya akan berbagi infornasi kepada kalian semua tentang cara budidaya / ternak burung jalak dengan baik dan benar sebagai berikut.

Hal yang paling penting dalam membudidayakan / berternak burung jalak suren adalah pemilihan indukan yang bagus dan unggul, dengan ciri-ciri sebagai berikut ini
  • Calon indukan yang ideal dijadikan indukan baik jantan maupun betina adalah burung yang sudah berusia kurang lebih 1-2 tahun, sebab pada usia tersebut burung sudah memasuki usia dewasa dan siap kawin. 
  • Pilihlah indukan yang jinak agar proses reproduksi dapat berjalan lancar dan burung tidak strees. 
  • Indukan yang dipilih harus burung yang sehat dan tidak mengalami cacat sedikitpun. 
  • Ukuran burung normal, memiliki bulu yang bagus, yang pasti bibit harus bagus dan unggul. 
Setelah calon indukan sudah dipilih langkah selanjutnya adalah penjodohan indukan burung jalak suren. Kalian jangan memasukan keduanya kekandang penangkaran langsung sebelum dilakukan penjodohan, karena akan terjadi perkelahian yang bisa menyebabkan burung mati, nah cara penjodohan burung jalak suren adalah sebagai berikut.
  1. Masukan kedua burung jalak suren yang akan dijodohkan kedalam sangkar yang terpisah, selama beberapa hari. 
  2. Dekatkan keduanya agar saling mengenal, 
  3. Setelah keduanya mulai akrab, kalian bisa dilepaskan indukan tersebut ke kandang penangkaran 
Penyiapan pakan burung jalak suren
Biasanya pakan jalak suren yang dibudidayakan adalah pur, dengan diberikan pakan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong dan pisang kepok. Untuk berbudidaya burung jalak suren makannya harus terjamin, jangan sampai kekurangan makanan sebab jika burung kekurangan makanan maka akan memperlambat proses reproduksi burung jalak suren. Burung jalak suren ini akan mulai bertelur setelah tujuh hari setelah prses perkawinan berhasil.

Untuk budidaya / ternak burung tentunya kita harus menyiapkan kandang penangkaran, kandang penangkaran sesungguhnya dapat kalian buat sendiri sesuai keinginan kalian, jika kalian bingung mau buat kandang sebesar apa, saya kasih contoh agar kalian tidak bingung hehe, kalian bisa menggunakan kandang penangkaran dengan ukuran 2x1x2,5m atau mungkin 1x1x1m untuk kalian yang tidak memiliki lahan luas.
  • Dinding bagian kanan, kiri dan belakang bisa menggunakan batako namun jangan di plester 
  • Dinding bagian depa bisa ditutup dengan menggunakan kawat Ram. 
  • Bagian atap sebagian ditutup dengan kawat Ram dan sebagian ditutup dengan menggunakan asbes, supaya panas matahari bisa measuk 
  • Sediakan tempat bertengger yang terbuat dari ranting pohon asem, karena pohon asem mudah untuk dicengkram. 
  • Untuk lantai bisa menggunakan tanah liat agar kotoran mudah meresap dan untuk menjaga kelembaban kandang penangkaran burung jalak suren. 
  • Sediakan wadah berisi air yang berfungsi untuk madi burung jalak suren. 
  • Sarang burung jalak suren terbuat dari kayu atau triplek dengan bentuk persegi dengan ukuran ideal 25x25x35cm, sarang diletakan diatas kandang karena burung jalak uren suka bertelur diatas. 
Langkah-langkah penangkaran burung jalak suren dengan baik dan benar.
  1. Masukan kedua burung indukan jalak suren pada sangkar terpisah
  2. Letakkan pakan dan minuman burung ditempat yang berdekatan, agar indukan burung merasa seolah olah makan dan minum bersama 
  3. Letakan posisi tenggeran burung searah satu garis lurus agar saling berdekatan dan tidur berhimpitan meskipun masih berbeda sangkar / kandang.
  4. Setelah beberapa hari sampai burung berkicau dan saling bersahutan kalian sudah bisa memindahkan kedua burung jalak suren pada kandang penangkaran 
  5. Silahkan amati gerak gerik kedua burung, bila kedua indukan sudah akur berarti siap untuk reproduksi, jika masih berkelahi silahkan pisah kembali kedua indukan tersebut, lakukan penjodohan lagi dari awal. Ulangin sampai kedua burung akur dan siap kawin.
  6. Burung yang kelihatannya akur didalam sangkar belum tentu akur jika dimasukan kandang penangkaran.
  7. Jika burung jalak suren dimasukan kandang penangkaran sudah tidur berdekatan sudah pasti burung sudah berjodoh dan siap untuk reproduksi.
Cara Mudah Ternak Burung Jalak Suren Dengan Baik dan Benar

Anakan burung jalak suren, setelah telur sudah menetas, biarkan anakan jalak suren bersama induknya sampai berumur 1 minggu atau 1 bulan. 
  1. Jika anakan burung jalak suren diambil umur 1 minggu kemudian dirawat dengan cara diloloh peternaknya, caranya masukan anakan jalak suren pada inkubator dan pisahkan sendiri sendiri dalam besek atau sarang buatan, bagian atas besek ditutup dengan rotan agar anakan jalak suren bisa istirahat, anakan tersebut bisa diloloh dengan pakan pur halus yang ditambahkan air hangat sehingga pur menjadi adonan, lakukan meloloh anakan setiap 1 jam sekali, 2 jam sekali, 3 jam sekali terus sampai anakan bisa makan sendiri, setelah anakan sudah mulai makan sendiri kalian bisa memberikan makan jangkrik dan ulat hongkong tiga kali sehari.
  2. Jika anakan burung jalak suren diambil sesudah berumur 1 bulan, biasa anakan ini sudah mulai makan sendiri sehingga kita tinggal menyiapkan makanan dan minuman karena sudah bisa makan dan minum sendiri.
Demikianlah artikel dari saya tentang cara ternak / budidaya burung jalak dengan baik dan benar, semoga artikel saya ini bermanfaat untuk kalian semua yang membutuhkan informasi cara budidaya burung jalak, jangan lupa baca artikel lainnya ya.

kata kunci pencarian : cara budidaya burung jalak, cara ternak burung jalak, burung jalak, cara mudah ternak burung jalak suren, usaha sampingan menjanjikan, usaha sampingan untung besar.

No comments

Powered by Blogger.